Warga Temukan Bocah 13 Tahun yang Tenggelam di Ciliwung Sudah Tak Bernyawa
Petugas dan warga sekitar sungai Ciliwung saat penemuan bocah tenggelam/ Foto: Rizky Sulistio

Bagikan:

JAKARTA - Bocah berusia 13 tahun yang hilang tenggelam saat berenang di Kali Ciliwung, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, akhirnya ditemukan warga. Korban belakangan diketahui bernama Muhammad Rian (13) warga Johar Baru.
 
Saat ditemukan, tubuh korban sudah berada di dasar kali Ciliwung. Diperkirakan, korban tenggelam sudah beberapa jam lalu sekitar pukul 12.30 WIB. 
 
Tubuh korban ditemukan oleh seorang penyelam dari warga sekitar lokasi. Amar (31) warga Kwitang, mengatakan, dirinya berhasil menemukan tubuh korban dari dasar Kali Ciliwung setelah melakukan penyelaman sebanyak 3 kali.
 
"Alhamdulillah berhasil ditemukan. Saya bantu nyelam ke air sebanyak 3 kali dan akhirnya Alhamdulillah ketemu tubuh korban," kata Amar kepada VOI di lokasi, Rabu 22 September.
 
Amar menceritakan awal mula korban ditemukan. Rabu siang itu dirinya berada di rumah dan mendengar ada korban tenggelam.
 
"Saya awalnya lagi di rumah, dapat kabar ada korban tenggelam itu sebelum Basarnas datang. Pengen ngebantu tapi itu kan tugasnya Basarnas, awalnya takut dimarahi," ujarnya.
 
Namun niat baik Amar akhirnya membuahkan hasil. Menurut Amar, dirinya yakin bahwa tubuh korban masih berada di bawah jembatan yang ada di Kali Ciliwung, arah Kwitang, Kecamatan Senen.
 
"Saya feeling (merasa) korban ada, masih di wilayah situ. Setelah Basarnas datang, terus ada orang dari luar ikut bantu mencari (berenang) akhirnya saya ikut nyelam di wilayah situ aja. Saya nyelam tiga kali, ditemukan sekitar jam 15.00 WIB," kata Amar.
 
Setelah dirinya ikut menyelam ke air, sekitar 10 menit kemudian Amar berhasil memegang kaki korban yang ada di dasar kali.
 
"Jarak ditemukannya setelah saya terjun engga sampai 10 menit. Yang penting saya menemukan aja. Saat ditemukan, korban sudah engga bernyawa kayaknya, soalnya sudah berjam-jam tenggelam," ujarnya.
 

 
Kemudian Amar mengangkat tubuh korban ke permukaan air. Selanjutnya tubuh korban dievakuasi oleh warga penyelam, petugas Gulkarmat Kecamatan Menteng dan Basarnas yang ikut melakukan pencarian.
 
Korban dibawa oleh mobil ambulans ke Rumah Sakit terdekat untuk memastikan kondisi korban. Sementara kasusnya ditangani Mapolsek Senen.
Sebelumnya diberitakan, warga Jalan Inspeksi Kali Ciliwung, Kwitang, Kecamatan Senen digegerkan dengan adanya anak berusia 13 tahun yang tenggelam di dalam Kali Ciliwung, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.
 
Menurut keterangan Rahmat (38), awalnya bocah itu berenang bersama teman-temannya di kali tersebut. Kemudian salah satu dari kelompok bocah itu ada yang terseret arus dan tenggelam.
 
"Lagi berenang awalnya. Infonya anak-anak dari Johar Baru. Mereka berenang dan akhirnya salah satu dari kelompok anak itu tenggelam," katanya di lokasi, Rabu 22 September.
 
Kemudian teman-teman korban ada yang berteriak minta tolong sehingga didengar oleh warga. Warga kemudian melaporkan ke kantor Pemadam Kebakaran terdekat agar dilakukan penyelamatan.