IHSG Selasa Dibuka Menguat 0,08 Persen ke Level 5.068,28
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Selasa 14 Juli. IHSG dibuka menguat 0,08 persen atau 3,84 poin ke level 5.068,28.

Membuka perdagangan, 59 saham menguat, 34 saham melemah, dan 46 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 50,62 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp22 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gustama, mengatakan, secara teknikal, mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG, sehingga indeks berpeluang menuju area resistance.

"IHSG sedang berupaya mempertahankan support pertama di level 4.975, sedangkan level support kedua berada di posisi 4.865. Sementara itu, resistance pertama dan kedua berada di level 5.097 dan 5.172," ujar Nafan dalam risetnya.

Dengan demikian, jelas Nafan, perkiraan terjadinya penguatan lanjutan pada laju IHSG hari ini bisa dimanfaatkan investor dengan memgakumulasi pembelian saham PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).

Proyeksi senada disampaikan PT Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, yang menyebutkan pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan melanjutkan tren menguat.

"Secara teknikal, saat ini laju IHSG sedang mencoba untuk bergerak pada track positif untuk melanjutkan proses kenaikan. Sehingga, kami memperkirakan IHSG akan kembali menguat dengan support-resistance 5.042-5.240," jelas Lanjar.

Lebih lanjut dia merekomendasikan saham-saham yang bisa dikoleksi investor hari ini, yakni PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).