IHSG Selasa Dibuka Menguat 0,13 Persen ke Level 5.164,62
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Selasa 11 Agustus. IHSG dibuka menguat 0,13 persen atau 6,79 poin ke level 5.164,62.

Membuka perdagangan, 49 saham menguat, 10 saham melemah, dan 23 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 24,52 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp8,81 miliar.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi. Berdasarkan analisa secara teknikal, dia memprediksi IHSG bergerak turun dengan support di level 5.104 dan resistance di level 5.230.

Menurut Lanjar, investor masih mencari katalis di awal pekan dan menunggu data neraca pembayaran yang akan rilis hari ini. Investor memproyeksi terjadi defisit hingga 10 miliar dolar AS.

"Diprediksi investor asing masih kembali melakukan aksi jual bersih," ujar Lanjar dalam risetnya.

Adapun, saham-saham yang ia rekomendasikan untuk perdagangan hari ini, yakni PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT CIMB Niaga  Tbk (BNGA), dan PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA).

Sedangkan Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama memproyeksi IHSG pada hari ini bergerak naik. "Secara teknikal mengindikasikan potensi penguatan lanjutan sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," kata Nafan.

Berdasarkan analisisnya, area resistance IHSG hari ini berada di rentang level 5.097 hingga 5.233. Untuk area support pertama berada di level 5.079 dan support kedua diprediksi sebesar 5.025.

Dia pun merekomendasikan sejumlah saham untuk perdagangan hari ini, yaitu PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), dan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE).