Larang Muslim Wisata ke Candi Borobudur karena Haram, Ustaz Ini Disindir Abu Janda: Kok Panas ke Tempat Ibadah?
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ceramah lawas Ustaz Sofyan Chalid Ruray kembali viral di berbagai platform media sosial. Isi ceramah mengenai larangan bagi umat muslim untuk mendatangi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Awal pernyataan Ustaz Sofyan bermula dari pertanyaan seorang jemaah, apa hukumnya seorang muslim mengunjungi rumah ibadah agama lain. Apakah itu diperbolehkan atau tidak?

Ustaz Sofyan pun langsung menjawabnya. "Hukumnya haram karena itu termasuk persetujuan kepada peribadatan mereka. Makanya kita tidak boleh duduk kepada orang-orang yang menghina agama," 

"Karena dalam firman Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka, maka seperti mereka. Sebab hadirnya kita di situ otomatis kita meyakini kepercayaan mereka," jawab Ustaz Sofyan dilansir dari kanal Youtube @Bismillah Everthing, Kamis, 15 September. 

Ustaz Sofyan mengingatkan umat muslim untuk tidak berkunjung ke rumah ibadah agama lain kalau tidak ingin dianggap keluar dari Islam. Kecuali untuk satu tujuan, hendak membubarkan orang yang sedang ibadah kepada selain Allah.

Potongan video ini diunggah pada 2018 silam namun baru viral saat ini. Salah satu tanggapan datang dari pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda di laman Instagram-nya, @permadiaktivis2.

"Kata si ustad ini haram ke candi borobudur..saya heran sama ustad2 ini ke borobudur haram, ke gereja haram. Sebenarnya meraka ini ustad apa SETAN? kok panas banegt sama tempat ibadah?," tulis Abu Janda.