Kemenkum HAM Ralat Satu WNA Korban Kebakaran, Bukan WN Afsel Tapi Nigeria
Lapas Tangerang/ANTARA- HO Kemenkum HAM

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi (Binapi Latkerpro) Ditjen PAS Thurman Hutapea menyebut jenazah  Samuel Machado Nhavene merupakan warga negara asing (WNA) asal Nigeria.

Pernyataan itu meralat informasi sebelumnya yang menyebut satu dari dua WNA yang menjadi korban kasus kebakaran maut Lapas Kelas I Tangerang merupakan WN Afrika Selatan.

"Sebenarnya awalnya informasi itu warga negara Afrika Selatan setelah komunikasi ke Kedubes ternyata tidak diakui kemudian beralih ke negara Mozambik, dari Mozambik beralih ke Nigeria," ujar Thurman kepada wartawan, Rabu, 15 September.

Dengan adanya koordinasi itu, kata Thurman, pihak Kedubes Nigeria sudah datang ke Lapas Kelas I Tangerang. Mereka mengakui Samuel Machado Nhavene merupakan warga Nigeria.

"Mudah-mudahan komunikasi yang baik tetap terbangun, secepatnya akan kita sampaikan dokumen pendukung tambahan," kata dia.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan tersisa dua jenazah yang belum teridentifikasi. Mereka yakni, Samuel Machado Nhavene dan Bambang Guntara Wibisana.

"Secara fisik sudah dikenali hanya sekali lagi memang tim DVI masih memerlukan data-data tertentu untuk lebih meyakinkan," kata Rusdi.