Hari ini Polisi Periksa Pegawai Lapas Tangerang dan PLN Soal Kebakaran, Besok Kalapas
Kebakaran Lapas Tangerang/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemeriksaan terhadap Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Tangerang, Victor Teguh Prihartono, akan dilakukan, Selasa, 14 September besok. Hari ini, penyidik memeriksa petugas lapas.

"Rencana besok jam 10 pagi kami lakukan pemeriksaan terhadap Kalapas Kelas I Tangerang. Kalapas kami jadwalkan besok Selasa 14 September 2021," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Senin, 13 September.

Menurut Yusri, pada hari ini ada 14 lapas yang diperiksa. Mereka diperika seputar kebakaran lapas yang menelan puluhan korban jiwa.

"Kami lakukan pemeriksaan di mana 14 orang ini adalah yang bertugas," katanya.

Tak hanya itu, penyidik juga memeriksa enam orang dari pihak luar Lapas. Mereka merupakan tiga orang pegawai PLN dan sisanya anggota pemadam kebakaran.

"(Total) Ditambah yang tadi 14, tambah 3 dan 3 jadi 20 saksi," kata Yusri.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyebut, petinggi Lapas Tangerang yang akan diperiksa adalah Victor Teguh Prihartono. Dia menjabat sebagai Kepala Lapas (Kalapas).

"Pemeriksaan saksi pada Kalapas kelas 1 Tangerang," kata Ramadhan

Rencananya, pemeriksaan itu akan dilakukan hari ini. Sebab, surat panggilan pemeriksaan pun sudah dilayangkan sejak beberapa waktu lalu.

"Jadi rencana setelah dilakukan surat panggilan tersebut pemeriksaan akan dilakukan, pemeriksaan sebagai saksi dilaksanakan pada hari Senin, 13 September 2021 di Polda Metro Jaya," kata Ramadhan.

Ada pun, Lapas Kelas I Tangerang terbakar pada Rabu, 8 September, dini hari. Akibatnya, 44 narapidana tewas karena insiden tersebut.

Puluhan narapidana itu tak bisa menyelamatkan diri. Sebab, saat api berkobar sel tahanan dalam kondisi terkunci. Sementara petugas tak sempat membukannya sel para korban.

Terkait