Ganjil Genap, Petugas Putar Balik 600 Kendaraan dari Puncak
Arus lalu lintas jalur Puncak Bogor/ANTARA

Bagikan:

BOGOR - Petugas gabungan dari unsur TNI/Polri, Dishub, dan Satpol PP memutarbalikkan sekitar 600 kendaraan dari akses masuk kawasan Puncak. Sementara pantauan lalu lintas kendaraan tak ada kepadatan karena jumlah pengendara yang melintas menurun.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor Iman Wahyu Budiana mengatakan hujan deras mempengaruhi jumlah pengendara sehingga tak ada kepadatan sebagaimana dua akhir pekan sebelumnya. Saat ini masyarakat juga banyak yang mengetahui penerapan ganjil genap di Puncak.

Iman menyebutkan pada Jumat, 10 September selama sekitar tujuh jam sejak pukul 10.00, WIB, petugas memutarbalikkan 447 kendaraan di gerbang tol Ciawi kendaraan bernomor ganjil.  Sementara di Simpang Gadog sekitar 150-an kendaraan, sehingga total sekitar 600 kendaraan bernomor ganjil tak diizinkan masuk kawasan Puncak.

Kepolisian bersama petugas gabungan juga membuat 14 lokasi penyekatan bagi setiap kendaraan yang ingin masuk atau melintasi kawasan Puncak. Hanya kendaraan bernomor polisi yang sesuai dengan tanggal kalender, yang diizinkan.

Iman menyampaikan kepadatan lalu lintas kendaraan menurun dibandingkan dua akhir pekan terakhir.

Menurut dia, penurunan kepadatan lalu lintas kendaraan menuju Puncak dari Jakarta terjadi karena sosialisasi ganjil genap pekan kedua yang diperluas menjadi terpadu lima kota/kabupaten di wilayah aglomerasi Bogor Raya cukup menjadi perhatian masyarakat.

"Minggu lalu lebih tinggi karena warga masih ada yang tidak tahu, baru sosialisasi ganjil genap," ujarnya.