Qari Fasihuddin: Panglima Tentara Afghanistan Pilihan Taliban, Penakluk Utara yang Pertama Injak Panjshir
Qari Faihuddin (tengah). (Twitter/@Badri_313_Unit)

Bagikan:

JAKARTA - Taliban mengumumkan secara resmi struktur pemerintahan baru Afghanistan, dengan Mullah Hassan Akhund, yang merupakan rekan pendiri kelompok ini Mullah Omar, ditunjuk sebagai kepala pemerintahan dan Mullah Abdul Ghani Baradar yang merupakan kepala kantor politik Taliban sebagai wakilnya.

"Semua yang disebutkan itu memegang posisi mereka dalam kapasitas 'bertindak'," terang Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid dalam keterangan pers, mengutip Reuters 8 September. Dia menambahkan, beberapa kementerian masih harus diisi sambil menunggu perburuan orang-orang yang memenuhi syarat.

Selain sejumlah tokoh senior dan berpengaruh di posisi kementerian, Taliban juga menunjuk sosok berpengaruh sebagai panglima tentara, yakni Qari Fasihuddin, berdasar unggahan juru bicara Taliban lainnya Suhail Shaheen.

Dari sejumlah komisi yang ada di Taliban, Komisi Militer merupakan yang terbesar dan paling signifikan, menurut peneliti Afghanistan Fazelminallah Qazizai, mengutip VOA 5 September. Fasihuddin berada di sini. Komisi ini dipimpin oleh Mullah Yaqoob Umari dengan tiga wakil, yakni Maulawi Sadar Ibrahim, Maulawi Abul Qayum Zakir dan Qari Fasihuddin. Ketiganya adalah komandan militer terkemuka. Fasihuddin adalah komandan senior untuk sembilan provinsi utara dan dari etnis Tajik.

Sementara itu melansir Samaa.tv 7 September, Qari Fasihuddin, yang dikenal sebagai Penakluk Utara, adalah pemimpin Taliban pertama dalam sejarah yang menginjakkan kaki di Bazarak, ibu kota provinsi Panjshir.

Qari Fasihuddin memainkan peran kunci dalam pendudukan Taliban di bagian utara Afghanistan, dan sekarang mendapat kehormatan menaklukkan Panjshir, satu-satunya provinsi tak terkalahkan di Afghanistan.

Ia merupakan orang Tajik dan berasal dari Badakhshan, provinsi terakhir di Afghanistan utara, yang dikenal dengan strategi perang yang sukses, menaklukan seluruh Aliansi utara. Dia dianggap sebagai salah satu pemimpin paling karismatik dan merupakan orang Tajik pertama yang berhasil masuk ke komisi militer dalam sejarah Taliban, di tengah mayoritas orang Pashtun dalam struktur tradisional Taliban.

Jumat pekan lalu, Fasihuddin ditunjuk untuk menaklukan Panjshir, untuk kemudian mengumumkan keberhasilan penaklukan wilayah yang dipimpin oleh pejuang pimpinan Ahmed Massoud, putra mendiang komandan Mujahidin Ahmad Shah Massoud, Senin pekan ini. Di sisi lain, pihak oposisi Taliban mengklaim Qari Fasihuddin telah tewas dalam pertempuran. Klaim ini dibantah oleh Taliban dengan merilis video baru.