Mukomuko Mulai Berikan Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil per Hari Ini Sabtu 4 September 2021
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sabtu, mulai memberikan vaksin COVID-19 kepada ibu hamil sebagai perlindungan agar tidak tertular virus corona baru itu.

"Kita mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 ini sesuai dengan petunjuk dari Kementerian Kesehatan sejak tanggal 2 Agustus 2021, di Mukomuko hari ini," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Syafriadi, dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu usai menghadiri acara peluncuran program vaksinasi massal bagi ibu hamil yang dipusatkan di Puskesmas Kecamatan Air.

Pihaknya mengadakan acara ini untuk menyosialisasikan tentang program vaksinasi kepada ibu hamil di Kecamatan Air Manjuto.

"Makanya kita adakan acara tadi, kita sosialisasikan kepada ibu hamil, kita juga berikan penyuluhan bersama Persatuan Dokter Obgin di daerah ini untuk memberikan pemahaman terkait keamanan vaksin ini," ujarnya.

Selain itu, pemeriksaan ibu hamil oleh dokter spesialis kebidanan untuk memberikan kemantapan ibu hamil terkait dengan keamanan vaksin COVID-19.

"Kita meyakinkan ibu hamil, mereka yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19 ini bisa menjadi contoh bagi ibu hamil lainnya, selanjutnya kegiatan ini berjalan dengan lancar," ujarnya.

Ia mengatakan daerah itu mengawali vaksinasi untuk ibu hamil di Puskesmas Air Manjuto dengan sasaran sedikitnya 70 orang.

Setelah ini, katanya, 17 puskesmas di daerah ini akan melaksanakan vaksinasi bagi ibu hamil di wilayah masing-masing.

"Setiap puskesmas di daerah ini punya sasaran ibu hamil yang menerima vaksin COVID-19 dan jumlah sasaran setiap puskesmas di daerah ini berbeda-beda," ujarnya.

Ia menargetkan semua ibu hamil yang usia kehamilan mulai dari 13 hingga 33 minggu di daerah ini menerima vaksin COVID-19.