PPP Kaget Istri Bupati Kutai Timur yang Juga Kadernya Ikut Terjaring OTT KPK
Ketua DPRD Kutai Timur Encek RU Firgasih dan Bupati Kutai Timur Ismunandar (Foto: Instagram: @hj.encekfirgasih)

Bagikan:

JAKARTA - Wasekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi (Awiek) kaget setelah mendengar kabar seorang kadernya, yaitu Ketua DPRD Kutai Timur Encek UR Firgasih ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama suaminya, Bupati Kutai Timur Ismunandar. 

Apalagi, dia belum bisa melakukan komunikasi dengan Encek maupun dengan keluarganya setelah operasi senyap itu terjadi.

"Kami kaget dengan informasi itu dan sejauh ini belum ada komunikasi dengan beliau maupun keluarga terkait informasi terkini," kata Awiek ketika dihubungi wartawan, Jumat, 3 Juli.

Dia mengatakan, PPP tetap akan mengedepankan azas praduga tak bersalah dan menunggu info lebih lanjut dari KPK terkait OTT tersebut.

"Setelah itu, PPP baru mengambil tindakan secara organisasi," ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan di beberapa lokasi yaitu Jakarta, Kutai Timur dan Samarinda.

Dalam operasi senyap tersebut, KPK menangkap Bupati Kutai Timur Ismunandar beserta istrinya. Penangkapan diduga berkaitan dengan penerimaan suap terkait pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Kutai Timur.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango mengatakan, tim penyidik KPK melakukan penangkapan terhadap Bupati Kutai Timur dan istrinya di sebuah hotel di Jakarta. Selain menangkap Bupati, KPK juga menangkap seorang Kepala Bappeda.

"Kita amankan bupati dan istrinya dan seorang Kepala Bappeda dari sebuah hotel di Jakarta," kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 3 Juli.

Saat ini Bupati Kutai Timur dan istrinya serta pihak lain yang terjaring operasi tersebut tengah diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Plt Juru Bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri.

"Untuk beberapa pihak yang diamankan di Jakarta, saat ini sudah berada di Gedung KPK sebanyak tujuh orang dan masih dalam pemeriksaan tim KPK diantaranya Bupati Kutai Timur beserta istrinya," kata Ali dalam keterangan tertulisnya.

Sementara untuk pihak yang ditangkap di Kutai Timur dan Samarinda jumlahnya mencapai delapan orang dan sudah dilakukan pemeriksaan di Polresta Samarinda dan akan segera dibawa ke Jakarta.