Harapan Jokowi dengan Bendungan Way Sekampung: Kesejahteraan Petani Meningkat
Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretariat Kabinet RI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo berharap keberadaan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung, yang sudah siap difungsikan, dan dapat meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani.

"Produksi dipastikan akan meningkat dan kita harapkan kesejahteraan petani juga ikut meningkat," ujar Presiden saat meresmikan Bendungan Way Sekampung, Pringsewu, Lampung, dilansir Antara, Kamis, 2 September.

Presiden mengatakan dengan manajemen air dari hulu ke hilir melalui sistem cascade, diharapkan intensitas tanam petani di Pringsewu dan sekitarnya meningkat, dari semula dua kali setahun menjadi tiga kali setahun.

 Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung/ Antara

Namun demikian Kepala Negara mengingatkan, bendungan akan berfungsi optimal jika disambungkan dengan sistem irigasi yang tertata baik, mulai primer, sekunder, tersier hingga kuarter.

Dia meminta Gubernur Lampung, Bupati Pringsewu dan bupati terkait lainnya memperhatikan hal tersebut.

"Kita berharap bendungan ini memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam rangka mendukung produktivitas petani, membantu masyarakat yang kesulitan air bersih, serta mengurangi kerugian masyarakat akibat banjir," jelasnya.