Disdik Kota Bogor Siapkan Uji Coba PTM Terbatas
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BOGOR - Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pendidikan kembali menyiapkan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas setelah pemerintah pusat memberlakukan PPKM Level 3, di Jabodetabek, termasuk Kota Bogor, pada 23-30 Agustus 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi, mengatakan, ujicoba PTM disiapkan lagi, setelah status PPKM di Kota Bogor diturunkan dari level 4 menjadi level 3.

"Setelah diterapkan PPKM Level 3, sejumlah aturan dilonggarkan, termasuk mengenai PTM, dibolehkan melaksanakan PTM terbatas, dengan syarat sudah melaksanakan vaksinasi," katanya dikutip Antara, Kamis, 26 Agustus.

Menurut Hanafi, Dinas Pendidikan Kota Bogor, sebelumnya telah menyiapkan pelaksanaan uji coba PTM terbatas pada SD dan SMP. Bahkan, untuk SMP sudah dilaksanakan uji coba terbatas di 37 SMP selama dua pekan, pada 31 Mei hingga 16 Juni 2021.

Karena kasus positif COVID-19 di Kota Bogor meningkat tinggi, kata dia, Wali Kota Bogor selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor, membatalkan pelaksanaan uji coba PTM, pada 16 Juni.

Menurut dia, persiapan uji coba PTM saat ini, pada prinsipnya, secara teknis sudah disiapkan berdasarkan aturan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terdahulu, yang sudah dua kali direvisi.

"Sekolah-sekolah yang telah mempersiapkan diri menjaga persiapan tersebut. Alhamdulillah hari ini Kota Bogor masuk PPKM level 3, sehingga PTM terbatas dibolehkan lagi," katanya.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 37 tahun 2021, mengatur bahwa daerah yang berada pada Level 3 memungkinkan melaksanakan PTM dengan kapasitas maksimal 50 persen.

"Dinas Pendidikan Kota Bogor, kini menyiapkan kembali sekolah-sekolah yang akan melaksanakan PTM terbatas. Syaratnya siswanya sudah menjalani vaksinasi," katanya.

Karena itu, Pemerintah Kota Bogor saat ini tengah menggencarkan vaksinasi untuk remaja berusia 12-18 tahun, guna percepatan terbentuknya kekebalan komunal dan capaian 100 persen vaksinasi.

Berdasarkan data vaksinasi pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, sasaran penerima vaksin remaja usia 12-18 tahun adalah 104.417 orang. Remaja yang telah menerima vaksin dosis pertama ada 15.978 orang atau 15,30 persen.

"Dinas Pendidikan bersama Dinas Kesehatan nanti akan melakukan verifikasi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Kota Bogor bisa melaksanakan uji coba PTM terbatas," katanya.