26 WNI yang Dievakuasi dari Afghanistan Langsung Jalani Protokol COVID-19
Youtube MoFA Indonesia

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 26 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tiba di Indonesia usai dievakuasi dari Kabul, Afghanistan, langsung menjalani protokol COVID-19.

“WNI dari Afghanistan telah berhasil kita evakuasi dan baru saja tiba selamat di Indonesia. Semua akan langsung menjalani protokol sesuai ketibaan dari luar negeri. Semua evacuated akan langsung menjalani protokol kesehatan,” kata Menlu Retno Marsudi, Sabtu, 21 Agustus.

WNI yang dievakuasi dari Afghanistan menumpang pesawat militer TNI Angkatan Udara. Saat mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, tampak petugas medis berbaju hazmat siap melakukan pengecekan protokol COVID-19.

“Awalnya evakuasi direncanakan menggunakan pesawat sipil, namun demikan dikarenakan kondisi lapangan disesuaikan. Sesuai koordinasi Panglima TNI, evakuasi dilakukan dengan pesawat militer,” sambung Menlu Retno.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan apresiasi atas keberhasilan misi evakuasi WNI dari Afghanistan.

“Alhamdulillah, evakuasi dari Kabul ke Indonesia dapat dilaksanakan dengan aman sesuai dengan rencana. Saat ini seluruh awak pesawat sudah melakukan briefing setelah penerbangan. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas keberhasilan misi evakuasi,” ujar Panglima TNI.