Ramai Dibahas, Sekretaris DPRD Sumbar Tegaskan Perbaikan Rumah Dinas Rp8,8 Miliar Sesuai Kebutuhan
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

PADANG - Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis mengatakan perbaikan rumah dinas dan pagar DPRD Sumbar dengan total nilai Rp8,8 miliar sesuai dengan kebutuhan dan penting dilakukan pada tahun ini.

"Rehab rumah dinas dan pagar kantor DPRD Sumbar dinilai urgen termasuk rehab ducting AC gedung utama Kantor DPRD Sumbar dengan pagu anggaran Rp 5.493.325.500, namun HPS Rp1.435.321.486," kata Raflis di Padang dikutip Antara, Jumat, 20 Agustus.

Raflis mengatakan untuk perbaikan rumah dinas sudah mulai dikerjakan. Raflis mengakui bahwa perbaikan tersebut bukan di rumah induk tapi yang bagian belakang.

Menurut dia, untuk rumah induk sudah dibangun sejak 2015 dan bagian belakang itu sudah tidak layak lagi, terdiri dari ruangan sopir, ruang rapat dan ruang tamu juga ada shelter.

Raflis mengatakan setelah perbaikan gedung selesai, gedung ini akan digunakan untuk kepentingan rapat, menjamu tamu, tempat tamu bermalam, dan sebagainya.

“Gedung ini untuk dijadikan shelter untuk mitigasi bencana,” katanya.

Sementara untuk rehab pagar juga diperlukan karena pagar kantor DPRD Sumbar saat ini berupa taman dan saat aksi demonstrasi lalu sempat terjadi perusakan karena pagar yang dimiliki tak layak dan membuat mahasiswa merangsek masuk ke gedung.

“Jadi pagar ini akan mengamankan aset yang ada di kantor DPRD,” sambung Raflis.

Pihak kepolisian juga menyarankan agar membuat pagar yang bisa lebih mengamankan ada ada pembahasan di DPRD, dan disepakati pagar kantor juga akan dibuat, selain itu mobil dinas juga diparkirkan di kantor sehingga ini perlu diamankan.

Sementara untuk tenaga keamanan pada malam hari hanya tiga orang dan jika pagar lebih layak akan membantu tenaga keamanan dalam bekerja.

Kemudian saat ini juga dilakukan rehab ducting AC gedung utama Kantor DPRD Sumbar yang kondisinya dinilai sudah layak direhab karena belum diganti sejak tahun 1995.

“Saat ini, jika volume AC dibesarkan, akan keluar semacam debu sehingga tidak nyaman selain itu di dalamnya sudah keropos juga,” ujar Raflis.

Raflis menyampaikan mekanisme penganggaran belanja modal ini sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Termasuk proses tender yang dibuat transparan di LPSE Sumbar

Data LPSE Sumbar menunjukkan pagu anggaran rehab rumah dinas DPRD Sumbar Rp 7.360.083.900, namun Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Rp 6.876.722.903. Sedangkan rehab pagar kantor DPRD Sumbar pagu anggaran Rp 1.999.635.300, namun HPS Rp 1.999.188.855.