Gempa Mematikan di Meksiko Turut Isolasi Sejumlah Daerah
Ilustrasi (Sumber: Andrew Buchanan/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Gempa besar mengguncang Oaxaca di selatan Meksiko, kemarin. Sedikitnya lima orang tewas akibat bencana tersebut dan beberapa bangunan ringsek. 

Gempa berkekuatan 7,4 Magnitudo tersebut terjadi pada pagi dini hari menurut Badan Geologi Amerika Serikat. Pusat gempa berada di lepas pantai Pasifik sekitar tujuh mil barat daya Santa Maria Zapotitlan, dekat resos pantai Huatuco. 

Selain menelan korban jiwa, gempa juga merusak infrastruktur. Menurut laporan Reuters, bebatuan yang roboh akibat gempa memutus akses jalan di wilayah terdampak. Karenanya, beberapa desa terisolasi. 

Selain itu perusahaan minyak milik negara, Pemex mengatakan salah satu pekerjanya jatuh dari bangunan kilang minyak hingga tewas. Gempa itu juga menyebabkan kebakaran pada kilang minyak yang berlokasi di Salina Cruz. 

Guncangan gempa terasa di beberapa negara bagian dan memicu alarm sesmik di Kota Meksiko yang membuat penduduk berhamburan ke jalan. Presiden Meksiko Andres Manual Lopez Obrador mengatakan 147 gempa susulan terjadi beberapa jam kemudian. 

Gempa besar ini bukan kali pertama terjadi selama beberapa tahun ini. Pada September 2017, gempa berkekuatan 8,1 Magnitudo melanda pantai selatan wilayah tersebut dan menewaskan 60 orang.