Belitung Umumkan Penemuan Kasus COVID-19 Varian Delta
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

BELITUNG - Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung mengumumkan adanya penemuan kasus COVID-19 varian Delta.

"Dari enam sampel swab nasofaring yang dilakukan pemeriksaan lima sampel dinyatakan positif COVID-19 varian Delta," kata Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, Hendra dikutip Antara, Rabu, 18 Agustus.

Dia mengatakan sebelumnya Satgas COVID-19 Belitung telah mengirimkan sampel usap atau swab nasofaring pasien terkonfirmasi COVID-19 untuk dilakukan pemeriksaan guna mengetahui soal varian Delta.

Pemeriksaan dilakukan di Laboratorium Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) sesusai ketentuan Kementerian Kesehatan beralamat di Jalan Kartini Cilandak, Jakarta Selatan.

"Hasilnya dari enam sampel tersebut lima di antaranya terkonfirmasi positif COVID-19 varian Delta," ujarnya.

Judono menambahkan kelima sampel tersebut di antaranya milik TNY (32) warga Desa Air Merbau kondisi telah sembuh, SYN (45) warga Desa Air Ketekok saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono Belitung dan milik bayi ALZ berusia dua bulan warga Desa Terong telah meninggal dunia pada 15 Juli.

Selain itu, lanjut dia, sampel lainnya adalah milik Ny. NAI (44) warga Kelurahan Paal Satu telah meninggal dunia pada 20 Juli 2021 dan Tn. MRL (39) warga desa Air Saga telah meninggal dunia pada 22 Juli 2021.

"Demikian laporan yang dapat kami sampaikan mohon menjadi bahan dan data Satgas COVID-19 untuk semakin meningkatkan kerja sama, koordinasi dan kerja sama dalam penanganan COVID-19 di Belitung," kata Judono.