Model Indonesia dalam Pusaran Penyelundupan Narkotika dari Malaysia
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang model asal Indonesia berinisial SR (34) ditangkap polisi. Dia terlibat jaringan narkoba internasional. Penangkapan ini merupakan pengembangan kasus narkoba yang menjerat artis Malaysia Dessy C (berita sebelumnya ditulis berinisial DY).

SR ditangkap Rabu, 11 Desember, malam, di sebuah perumahan elite di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Satu paket kecil sabu-sabu dan alat hisapnya disita dari rumah tersebut.

Saat ini, SR dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa intensif guna mendalami perannya pada jaringan narkoba dari Malaysia itu.

"Kami kembali mengamankan seorang perempuan berinisial SR. Yang bersangkutan diduga terlibat dalam jaringan narkotika, dia juga merupakan mantan model catwalk," kata Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz saat dikonfirmasi, Kamis, 12 Desember.

Sementara, Dessy yang merupakan tersangka utama dari kasus ini, mengakui sudah beberapa kali terlibat dalam penyelundupan narkoba dari Malaysia ke Indonesia. 

Dari pengakuannya kepada polisi, Dessy mengatakan sudah beraksi sejak bulan Januari 2019. Dia beberapa kali menerima paket berisi sabu-sabu dari negeri jiran yang dikemas dalam beragam makanan kemasan.

"Dari keterangan tersangka DS, sebelumnya pernah nerima paket sabu dengan kemasan sarden, sabun dan kaleng permen," kata Erick.

Kanit 1 Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Arif Oktora mengatakan, barang bukti penyelundupan ini mencapai 3 kilogram sabu-sabu dan 200 butir ekstasi. Semua narkoba ini diselundupkan lewat jalur darat.

Dessy berangkat dari Kuching menuju Indonesia lewat Pontianak. Dia pergi menumpang bus melalui jalur darat. Selanjutnya, dari Pontianak dia meneruskan perjalanan ke Jakarta lewat pesawat terbang.

"Dari Kuching (Malaysia) ke Pontianak menggunakan jalur darat (Bus). Dari Pontianak menggunakan pesawat menuju Jakarta," kata Arif.

Dessy ditangkap di salah satu unit apartemen kawasan Kota Tangerang. Saat ditangkap, polisi menemukan kaleng serbuk cokelat yang setelah diperiksa ternyata berisi sabu dan ekstasi. 

Sebelumnya diberikan, Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mengungkap penyelundupan narkotika asal Malaysia. Wanita bernama Dessy C ditetapkan sebagai tersangka usai ditangkap di salah satu unit apartemen kawasan Kota Tangerang.

Dalam penangkapan, polisi menemukan beberapa kaleng serbuk cokelat yang ternyata berisi sabu dan ekstasi. Bahkan, belakangan diketahui jika Dessy merupakan seorang artis di Malaysia.