Warga di Pegunungan Sumut Diminta Waspada, Ada Potensi Hujan Lebat
Ilustrasi/antara

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Sumatera Utara untuk waspada terhadap hujan lebat yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah pegunungan, pantai barat dan timur di daerah itu.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Endah Paramita, menyebutk pada siang hari hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di Nias Utara, Nias, Nias Barat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Asahan, Batubara, Samosir, Toba, Madina, Tapanuli Selatan, dan Padang Lawas.

"Sore-malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Karo, Binjai, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun, sedangkan pada dini hari berawan seluruh wilayah Sumatera Utara," kata Endah dilansir Antara, Jumat, 13 Agustus.

Suhu udara 24-32 derajat Celcius, kelembapan udara 60-99 persen, angin berembus dari tenggara-barat laut dengan kecepatan10-30 kilometer per jam.

Titik panas terpantau di empat tempat di tiga daerah, yakni di Kabupaten Dairi dua titik, sedangkan di Langkat dan Padang Lawas Utara, masing-masing satu titik.