IHSG Akhir Pekan Mencoba Kembali ke 5.000
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Jumat 19 Juni. Pantauan VOI pada pukul 09:05, IHSG berada di level 4.966,96, atau menguat 0,85 persen dibanding penutupan kemarin.

Analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi memperkirakan laju IHSG hari ini akan mencoba untuk berbalik ke zona hijau, meski bergerak secara fluktuatif.

"Secara teknikal, IHSG mencoba untuk kembali bergerak menguat di akhir pekan, dengan support-resistance di level 4.910-5.000," ungkap Lanjar.

Dengan demikian, kata Lanjar, pergerakan IHSG yang mencoba untuk mengakhiri perjalanan di zona hijau tersebut bisa dimanfaatkan investor dengan mengoleksi saham PT Aneka Tambang (Perseroa) Tbk (ANTM), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), PT SRi Rejeki Isman Tbk (SRIL), PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI), dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA).

Pendapat berbeda diungkapkan analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama yang memproyeksi IHSG bergerak turun pada hari ini. "Adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke support terdekat," kata Nafan.

Area support IHSG pada perdagangan hari ini memiliki rentang level antara 4.865,27 hingga 4.778,71. Sedangkan area resistance berada pada rentang level 4.975,54 hingga 5.097,14.

Adapun rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).