Satgas TNI Beri Bantuan untuk Warga Jayawijaya yang Tengah Kesulitan Hidup karena Tidak Makan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Personel TNI Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Yonif RK 751/VJS Pos Kurulu memberikan bantuan kepada warga Kampung Mumi, Kabupaten Jayawijaya yang mengalami kesulitan hidup karena tidak makan sejak beberapa hari akibat ketiadaan bahan makanan di rumahnya.

Komandan Pos (Danpos) Kurulu Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letda Inf Edi Sujianto mengatakan, Pratu Chandra yang sedang berdinas jaga di pos telah didatangi seorang Mama Papusla bernama Yashua (70).

Setelah tiba di pos jaga, lanjutnya, kemudian Pratu Candra menyambut kedatangan Mama Yashua dengan ramah dengan mempersilahkan untuk duduk serta menanyakan maksud kedatangannya.

"Mama Yashua menyampaikan bahwa datang berjalan kaki dari Honainya yang terletak di Kampung Mumi, sekitar 1,5 km dari Pos Kurulu. Kemudian bercerita bahwa suaminya, Lani Mabel sudah 1 minggu mengidap sakit dan sudah beberapa hari tidak makan karena bahan makanan mereka telah habis," jelas Letda Inf Edi Sujianto, dikutip dari Antara, Minggu 8 Agustus.

Lalu mama Yashua bercerita, bahwa dirinya tidak bisa ke kebun untuk mencari bahan makanan karena harus menunggui suaminya yang sedang sakit. Edi Sujianto mengatakan, setelah mendengar penjelasan tersebut, kemudian Pratu Candra langsung melapor kepada Danpos untuk meminta petunjuk.

"Mendengar hal ini, saya langsung memerintahkan anggota lainnya untuk mengambilkan sepiring nasi yang menjadi menu makanan Prajurit TNI untuk diberikan kepada mama Yashua” katanya.

Satgas TNI kemudian menyiapkan delapan personel untuk melihat keadaan dan kondisi Lani Mabel suami mama Yashua di Honainya.

"Ternyata Mama Yashua dan Bapak Lani Habel hidup hanyalah berdua, karena anak mereka tinggal di Distrik Kobagma, Kabupaten Mamberamo Tengah. Kemudian saya perintahkan personel kesehatan yang ikut datang untuk memeriksa keadaan bapak Lani Habel yang kondisinya sudah tidak bisa berjalan karena faktor usia," jelas Danpos.

Diakuinya, setelah selesai diperiksa dan diberikan obat sesuai dengan keluhan yang dirasakan Lani Habel pihak Satgas TNI memberikan bantuan berupa beras dan mie instan untuk dikonsumsi mereka berdua.

Sementara itu, Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi dalam keterangannya mengatakan, sebagai komandan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh anggota Pos Kurulu dalam membantu kesulitan warga di lingkungannya.

"Ini adalah salah satu wujud pengabdian kami kepada Bangsa dan Negara," katanya.