Kepala BNPB Buka <i>Roadmap</i> Pemerintah, Pengendalian COVID-19 Diubah dari Pandemi Jadi Endemi
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito/ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito memaparkan tiga langkah strategi yang bisa dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Sumatera Utara, untuk mengendalikan penyebaran COVID-19.

"Nantinya, sesuai roadmap dari pemerintah adalah mengendalikan COVID-19. Mengendalikan COVID-19 itu mengubah pandemi menjadi endemi," katanya saat meninjau tempat isolasi terpusat (isoter) di gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Medan dikutip Antara, Jumat, 6 Agustus.

Ganip memaparkan tiga strategi tersebut adalah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), pembatasan mobilitas dan aktivitas masyarakat.

"Ini menjadi kunci. Kita harus mengubah perilaku masyarakat kita, harus disiplin terhadap prokes. Minimal perorangan memakai masker. Presiden sudah mewajibkan semua rakyat kita memakai masker. Karena ini cara memproteksi terpapar COVID-19 yang paling mudah," ujarnya.

Strategi berikutnya yakni pengoptimalan pelaksanaan vaksinasi serta meningkatkan jumlah testing dan pelacakan kontak erat pasien COVID-19 atau "tracing" dan peningkatan perawatan atau "treatment" terhadap pasien.

"Ini tiga ini senjata yang bisa mengubah atau mengendalikan pandemi menjadi endemi," ujar Ganip.

 

Dia meminta seluruh komponen masyarakat mau bekerjasama menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Virus ini sudah menyerang seluruh negara di dunia. Hampir 200 negara lebih terkena virus ini, dan ini menjadi musuh bersama. Kita bisa atasi dengan melibatkan semua pihak," ujarnya.