Antisipasi Kejadian Luar Biasa, Sumsel Siap Tambah Ruang ICU RS Rujukan COVID-19
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru/ Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap menambah fasilitas ruang intensive care unit (ICU) di rumah sakit rujukan COVID-19 untuk mengantisipasi kejadian luar biasa.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan pemprov akan mengalokasikan anggaran dalam program recofussing anggaran terkait penanganan COVID-19.

“Pemprov siap membangun ICU ini agar segera jadi, bila perlu refocusing dana yang ada,” kata Herman di Palembang, dilansir Antara, Jumat, 6 Agustus.

Pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Provinsi Sumsel Bambang Eko Sunaryanto mengatakan penambahan kelengkapan sarana dan prasarana kesehatan, khususnya di RS rujukan COVID-19, menjadi kebutuhan mendesak saat ini.

“Mulai dari penambahan obat-obatan, penambahan kapasitas ICU dan terpenuhinya kebutuhan oksigen pasien, ini sangat dibutuhkan saat ini,” kata dia.

Sementara itu, angka kematian akibat COVID-19 di Sumatera Selatan mencapai 2.246 orang pada Jumat, 6 Agustus atau meningkat jika dibadingkan dua hari sebelumnya, yakni 2.207 (naik 4,0 persen).

Kasus tersebut sejalan dengan peningkatan jumlah angka konfirmasi positif COVID-19 yang tercatat secara fluktuatif meningkat 71 orang per hari dengan jumlah kumulatif 786 orang dari setiap kabupaten/kota.

Mayoritas penyintas COVID-19 yang meninggal dunia tersebut berada di rentang usia 55-69 tahun, yaitu mencapai 1.058 kasus atau 47,9 persen.