Perpanjangan PPKM, Jumlah Kendaran Menurun di Tiga Pintu Tol
Keterangan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: IST)

Bagikan:

JAKARTA - Petugas kepolisian terus melakukan monitoring di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya di masa Perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4.

Diketahui, sampai saat ini volume kendaraan di tiga gerbang tol menuju Jakarta seperti Gerbang Tol Halim, Gerbang Tol Cililitan dan Gerbang Tol Cawang mengalami penurunan. Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa 3 Juli.

 

 

"Kita bisa lihat dibandingkan dengan PPKM Mikro, PPKM Darurat, dan PPKM Level 4 di minggu pertama masih terjadi penurunan yang cukup signifikan," terang Sambodo.

Penurunan jumlah volume kendaraan, terang Sambodo, tidak berlangsung lama karena pada penerapan PPKM Level 4 di pekan kedua terjadi kenaikan mobilitas kendaraan.

Sedangkan volume kendaraan pada pekan kedua PPKM Level 4 sama jumlahnya dengan sebelum dimulainya PPKM.

"Masuk ke PPKM level 4 di pekan kedua kemarin, angka kendaraan mulai naik dan hampir mendekati catatan angka sebelum masa PPKM. Tapi yang perlu diantisipasi bahwa memang terjadi peningkatan selama tiga hari terakhir, karena grafik ini memiliki keterkaitan dengan angka kasus Covid-19," terang Sambodo.

Penurunan volume kendaraan selama PPKM dapat menjadi tolak ukur dalam mengetahui keefektifan pembatasan mobilitas yang diterapkan selama ini. Kemudian, Sambodo melanjutkan, ia berharap agar masyarakat dapat terus patuh dan mengurangi mobilitas sehingga berdampak pada penurunan kasus Covid-19 khususnya di wilayah DKI Jakarta.

"Angka ini jelas membuktikan bahwa saat mobilitas masyarakat meningkat maka seminggu kemudian angka COVID-19 meningkat. Begitupun sebaliknya, jika mobilitas turun angka ini pun kemudian juga turun," tandas Sambodo menekankan pentingnya PPKM.