Wagub Ariza Ingatkan Pentingnya Sosialisasi Kesehatan Saat Pandemi
Ilustrasi Kesehatan (Foto: Pexel)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengingatkan bahwa penyuluhan dan sosialisasi kesehatan memegang peran penting dalam penanganan pandemi COVID-19. Mengingat pandemi seperti ini belum pernah terjadi setidaknya dalam 100 tahun terakhir.

Karena itu, menurut Ariza, seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Ibu Kota Jakarta, sangat membutuhkan banyak edukasi dari para pakar kesehatan dan epidemologi. Sehingga berbagai dampak buruk dari wabah pandemi ini bisa diminimalisir.

"Selama pandemi ini, secara sadar maupun tidak, sebenarnya telah mendapatkan berbagai penyuluhan kesehatan dari para ahli. Antara lain seperti menerapkan 3M, sebagai cara yang ampuh dalam memutus rantai penularan virus Corona di tengah masyarakat, yaitu dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sekarang, bahkan berkembang menjadi 5 M dengan menambah seruan untuk menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi," ujar Wagub Ariza dalam Webinar BKOW Provinsi DKI Jakarta, Sabtu, 30 Juli, pagi.

Ariza menilai, saat ini yang dihadapi bukan hanya pandemi tetapi juga infodemik. Yaitu banyaknya informasi bohong atau hoaks yang banyak bertebaran di masa pandemi COVID-19.

"Sosialisasi kesehatan mengenai cara pencegahan COVID-19 hingga pengurusan jenazah seperti yang akan diberikan di seminar kali ini, sangatlah penting diberikan kepada masyarakat. Meski dengan keterbatasan, harus tetap dilakukan. Dan salah satu caranya, adalah memanfaatkan kemajuan teknologi, misalnya dengan diskusi online ataupun kreatifitas di media sosial," tegasnya.

Ariza juga mengingatkan mengenai arti penting penerapan protokol kesehatan secara disiplin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Dia berharap organisasi-organisasi maupun komunitas-komunitas lain yang ada di Ibu Kota Jakarta dapat melakukan berbagai kegiatan positif, berkolaborasi dalam pengendalian wabah, antara lain dengan turut serta menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kesehatan dan kebijakan pemerintah terkait pandemi COVID-19.

"Saya berharap organisasi-organisasi, (juga yang berada) di bawah payung BKOW ini terus menggalakkan penyebaran informasi yang valid dan positif terhadap kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Teruslah bergerak dengan semua potensi yang ada," harapnya.

"Semoga kita semua senantiasa diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menghadapi ujian ini. Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga kita bisa beraktifitas seperti sediakala. Aamiin," tutup Wagub Ariza.