Viral Video Jenazah COVID-19 Ditelantarkan di Jalanan Jember, Begini Klarifikasinya
ILUSTRASI/PIXABAY

Bagikan:

JEMBER - Beredar video dengan keterangan jenazah korban COVID-19 ditelantarkan di jalanan di Jember, Jawa Timur.

Video berdurasi 16 detik itudirekam oleh warga yang sedang melintas di Jalan Sultan Agung, Kaliwates. Disebutkan dalam keterangan video, jenazah itu ditelantarkan karena tak diurus.

"Ini lihat enggak ada yang ngangkat mayat COVID di jalan. Ini di Jember ini, ini bukti nyata COVID,” ujar warga dalam video itu.

Kapolsek Kaliwates Kompol Edi Sudarto membantah jenazah itu ditelantarkan. Menurutnya, jenazah tersebut diturunkan karena roda tandu mobil macet. 

"Informasi di video tersebut tidak benar. Kami bersama Muspika telah membuat klarifikasi. Jenazah tersebut di turunkan kebetulan pas  roda tandu mobil macet, jadi diturunkan. Di situ ada petugas dan keluarga, jadi tidak ditelantarkan," ujar Edi Sudarto saat dihubungi, Selasa, 27 Juli.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates dr. Rumi Enggarwati mengatakan, pasien tersebut awalnya dirujuk ke RS Kaliwates. Pasien kemudian meninggal dan kembali diantar ke rumah duka dengan protokol COVID-19.

"Jadi jenazah tersebut berpulang dari RS Kaliwates setelah dinyatakan meninggal kita bawa kembali ke rumah duka," ujar Rumi.

Saat dalam perjalanan, roda tandu mengalami kemacetan sehingga jenazah diturunkan.

"Jadi bukan dibiarkan di pinggir jalan atau ditelantarkan. Karena di sana juga ada keluarga, yang setelah kejadian langsung mengangkat jenazah ke rumah duka," ujar Rumi.