Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan masih melanjutkan tren penguatannya. Pantauan VOI, IHSG Selasa 9 Juni dibuka menguat 0.83 persen atau 42,12 poin ke level 5.112,69.

Membuka perdagangan 197 saham menguat, 18 saham melemah, dan 102 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 213,05 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp187,10 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengungkapkan, IHSG hari ini bakal terus melaju di zona hijau.

"Ada potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," katanya Nafan dalam risetnya.

Berdasarkan analisisnya, pada level resistance IHSG akan berada di 5.172 hingga 5.233. Sementara, area support, indeks berada pada level 4.975 hingga 4.865.

Adapun sejumlah saham yang dia rekomendasikan untuk dicermati investor pada perdagangan hari ini, di antaranya saham sektor konstruksi dan pertambangan seperti PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT PP Presisi Tbk (PPRE), PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST) dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Dia juga merekomendasikan saham sektor konsumer seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), dan PT Timah Tbk (TINS).

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan hal berbeda. Menurutnya, IHSG hari ini cukup berat bertahan di zona hijau dan memasuki area jenuh beli.

"Kami perkirakan secara teknikal IHSG akan bergerak cenderung cukup berat mencoba bertahan pada zona positif dengan support resistance 4.944-5.080," kata Lanjar.

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal menurutnya di antaranya PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Lalu, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP), PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), dan Indika Energy Tbk (INDY).