Mahfud MD: Orang Punya Harta Tapi Tak Mau Berkurban, Salatnya Tak Banyak Manfaat
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Tangkap layar Youtube Kemenko Polhukam RI/Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak masyarakat yang mampu memberikan atau menyerahkan hewan kurban saat hari raya Iduladha. 

"Marilah bagi yang mampu kita memberikan atau menyerahkan hewan kurban karena kata nabi barang siapa yang mempunyai kesempatan atau peluang atau kelonggaran untuk berkurban tapi tidak mau berkurban maka jangan dekat-dekat ke tempat salat kami, kata nabi," kata Mahfud seperti dikutip dari video yang diunggah akun YouTube Kemenko Polhukam RI, Selasa, 20 Juli.

Dia mengajak semua pihak yang merasa mampu untuk memberi kurban kepada yang membutuhkan termasuk kaum dhuafa. Sebab, siapapun mereka yang mampu tapi tak mau berkurban salatnya bisa saja tidak memiliki banyak manfaat.

"Kalau orang punya kesempatan atau punya harta untuk berkurban tapi kok tidak mau berkurban itu berarti salatnya kira-kira tidak banyak manfaatnya," tegas eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut.

Mahfud mengatakan kurban memang bukanlah kewajiban ibadah yang harus dilakukan. "Tetapi (kurban, red) sunnah muakad, artinya hanya sangat dianjurkan," ujarnya.

"Mari berkurban untuk kebaikan masyarakat kita dan untuk membantu kaum dhuafa," ungkap Mahfud.