Shopee Akan Tutup Toko Penjual Vitamin dan Obat Palsu
Ilustrasi foto (Sumber: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Shopee Indonesia sebagai platform belanja online mengambil langkah tegas menutup toko terindikasi jual produk kesehatan, seperti vitamin dan obat-obatan palsu di aplikasinya.

Langkah ini diambil untuk melindungi konsumen. Tak hanya menutup toko. Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan pihaknya juga bekerja sama dengan kepolisian dan instansi untuk melakukan investigasi lebih lanjut ketika terdapat indikasi pemalsuan yang kuat atas produk kesehatan karena membahayakan publik.

"Langkah ini merupakan bukti nyata komitmen Shopee dalam mendukung usaha pemerintah Indonesia dalam penanganan COVID-19 dan menciptakan ekosistem belanja daring yang aman bagi pengguna," katanya dalam keterangan resminya, dikutip Minggu, 18 Juli.

Lebih lanjut, Radynal mengatakan pihaknya menerima laporan melalui media sosial mengenai toko yang terindikasi mencetak label kemasan obat sendiri. Sebagai tindak lanjut dari laporan itu, pihaknya pun langsung menurunkan produk tersebut secara paralel menginvestigasi bukti keaslian dari pembeli.

"Jika terindikasi kuat melakukan pemalsuan, kami akan melanjutkan dengan pemblokiran toko dan bekerja sama dengan pihak berwenang. Shopee berkomitmen untuk terus memberikan layanan belanja yang aman dan nyaman bagi pengguna kami," tuturnya.

Sebagai marketplace, produk-produk yang ada di platform Shopee diunggah langsung oleh para penjual. Namun, kata dia, untuk tetap menciptakan kenyamanan berbelanja online yang optimal.

Shopee memiliki tim internal yang didedikasikan memantau dan melakukan moderasi terhadap produk yang dijual dalam aplikasi agar sesuai regulasi yang sudah ada.

"Tim internal Shopee memantau dan mengawasi produk-produk kesehatan di platform, termasuk yang terindikasi menjual produk palsu. Setiap penjual di Shopee memiliki kewajiban untuk mematuhi aturan yang berlaku dan tunduk pada hukum," jelasnya.

Minta masyarakat lapor

Radynal juga mengimbau masyarakat memerhatikan kemasan obat-obatan dan membaca ulasan produk yang dibeli di aplikasi Shopee. Jika merasa ada kecurigaan produk yang dijual palsu, masyarakat diharapkan jangan menyelesaikan terlebih dahulu pesanan yang dibeli.

"Produk-produk tersebut dapat dilaporkan melalui tombol 'Laporkan produk ini' di sisi kanan atas laman produk, dan/atau penjualnya melalui tombol 'Laporkan Pengguna' di sisi kanan atas laman toko."

"Dengan melaporkan produk dan penjual tersebut, masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga ekosistem belanja daring lebih aman dan bertanggung jawab."

Radynal berharap para penjual produk kesehatan ikut mengambil bagian dalam percepatan pemulihan kesehatan masyarakat dengan memperhatikan regulasi yang berlaku.

"Di masa yang sulit ini, semua pihak harus bekerja sama, baik penjual, pembeli, Shopee, maupun aparat pemerintahan. Ini adalah tanggung jawab kita bersama," ujarnya.