Sea Group Induk Usaha Shopee Beri Bantuan 1 Juta Vaksin dan 1.000 Tabung Oksigen, Menkes Budi: Prioritas 7 Provinsi Jawa-Bali
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah mendapatkan bantuan 1.000 tabung oksigen dan 1 juta vaksin dari Shopee. Bantuan ini diharapkan menjadi bagian dari solusi atas tingginya kebutuhan oksigen medis yang naik akibat peningkatan kasus COVID-19 beberapa waktu terakhir.

Demikian pernyataan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin saat penyerahan bantuan, Antara, Senin, 12 Juli.

"Penting disadari bahwa kita tidak bisa berperang melawan pandemi ini sendiri tapi kita harus melakukannya bersama-sama, kita tidak mungkin secara eksklusif menyelamatkan golongan, bagian atau organisasi dari negara kita sendiri tapi kita harus secara inklusif bekerjasama dengan seluruh kelompok masyarakat di dunia untuk mengatasi pandemi ini," ujar Budi.

Kemenkes akan menyebarkan 1.000 tabung oksigen ini ke berbagai wilayah yang saat ini sedang mengalami kasus COVID-19 paling tinggi. 1.000 tabung oksigen telah diterima di Pusat Krisis Kemenkes pada tanggal 10 Juli 2021, yang kemudian akan disebarluaskan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Distribusi tabung oksigen ini diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia terutama masyarakat yang saat ini membutuhkan tabung oksigen untuk kesembuhan bagi yang terpapar virus COVID-19. 

"Prioritasnya adalah di tujuh provinsi Jawa dan Bali. Kalau kita mau lebih tajam lagi, sebaiknya memang dikirimkan ke daerah Yogya dan Jawa Tengah. Mengapa? Karena pabrik oksigen yang besar-besar yang ada di Pulau Jawa adanya di Jawa Barat dan Jawa Timur sehingga Jawa Tengah mengalami kesulitan dari sisi distribusi dan logistik untuk memenuhi kebutuhan oksigennya," kata Budi.

Bantuan ini merupakan komitmen Sea Group untuk turut berperan aktif dalam percepatan pemulihan dari pandemi COVID-19 di Indonesia melalui program 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin dari Shopee untuk tanah air.

Ye Gang, Co-Founder Sea Group, Perusahaan Induk Shopee mengatakan untuk mengalahkan pandemi COVID-19 dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, perusahaan hingga individu. Kontribusi kecil maupun besar, akan memiliki arti yang sama untuk memberantas virus corona.

"Hari ini saya juga umumkan bahwa Shopee akan menjalankan program 1 juta vaksinasi untuk masyarakat Indonesia, bersama dengan Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah. Kami berharap inisiatif dari Shopee ini bisa mendorong perusahaan lain untuk turut maju bersama dan mengambil peran dalam perang melawan virus ini," ujar Ye Gang dalam jumpa pers penyerahan "1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin Shopee untuk tanah air" pada Senin. 

Berdasarkan data Kemenkes pada 5 Juli 2021, hingga saat ini di Jawa-Bali total kebutuhan oksigen untuk perawatan intensif dan isolasi pasien COVID-19 mencapai 1.928 ton per hari.

Sementara itu, kapasitas yang tersedia ada 2.262 ton per hari. Dengan demikian, ditargetkan untuk wilayah Jawa-Bali bisa mensuplai oksigen sebanyak 2.262 ton per hari.