Tolitoli Sulawesi Tengah dan Kepulauan Sangihe Talaud Sulawesi Utara Diguncang Gempa Bumi
Tolitoli Sulawesi Tengah dan Kepulauan Sangihe Talaud Sulawesi Utara diguncang gempa bumi. (Foto @BMKG)

Bagikan:

JAKARTA - Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah dan Kepulauan Sangihe Talaud, Sulawesi Utara di guncang gempa bumi dalam waktu yang berdekatan. Demikian pantauan BMKG seperti yang dipublikasikan melalui laman resmi mereka.  

"#Gempa Dirasakan Magnitudo: 4.2, Kedalaman: 10 km, 11 Jul 2021 00:59:04 WIB, Koordinat: 0.76 LU-120.57 BT (Pusat gempa berada di laut 5 km tenggara Tinabogan Kab. Tolitoli), Dirasakan (MMI): III Mepasa, III Palasa, III Tomini #BMKG," demikian kabar yang dilansir melalui twitter resmi BMKG.

Gempa tektonik berkekuatan 4.2 Magnitudo mengguncang Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Minggu dinihari, sekitar pukul 00:59 WIB atau 01:59 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Palu, gempa berpusat di Teluk Dondo di kedalaman 10 kilometer.

Gempa juga dirasakan sebagian warga Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Meski demikian, gempa ini tidak berpotensi Tsunami.

Gempa bumi di Kepulauan Sangihe Talaud. (Twitter BMKG)
Gempa bumi di Kepulauan Sangihe Talaud. (Twitter BMKG)

Tak lama setelah mengabarkan gempa yang terjadi di Tolitoli, BMKG juga mengabarkan terjadi tempa bumi di Kepulauan Sangihe Talaud Sulawesi Utara. 

"#Gempa Mag:5.4, 11-Jul-21 01:45:17 WIB, Lok:6.33 LU,124.07 BT (340 km BaratLaut TAHUNA-KEP.SANGIHE-SULUT), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," demikian twit yang dipublikasikan.

Gempa bumi yang terjadi Kepulauan Sangihe Talaud, Sulawesi Utara dengan magnitudo 5,4. Yang membeuat lega gempa kali ini menurut BMKG tidak berpotensi tsunami.