Video TikTok Berhasil Menemukan Orang Hilang di India
Ilustrasi (Ehimetalor Akhere Unuabona/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Video TikTok secara tidak sengaja berhasil menemukan seorang pria di India yang sudah lama hilang. Padahal video yang direkam seorang polisi itu dibuat untuk mengajak orang membantu warga miskin yang perlu uluran tangan.

Dialah R Venkateshwarlu, pria yang telah dua tahun hilang dan akhirnya terlihat dalam video TikTok buatan seorang polisi India. Dalam video itu, Venkateshwarlu terlihat sedang berada di bawah jalan layang daerah Ludhiana. Lokasi tersebut jaraknya sekitar dua ribu kilometer dari rumahnya di Telangana. 

Teman anaknya Venkateshwarlu yang pertama kali melihat dirinya lantas segera memberi tahu keluarganya. Mereka lalu menghubungi polisi di negara bagian Punjab untuk membantu menemukannya.

"Saya menangis ketika pertama kali melihatnya kembali," kata putranya, R Peddiraju kepada BBC.

Kronologi

Venkateshwarlu yang mengalami kesulitan mendengar dan berbicara ini tinggal di sebuah desa di egara bagian selatan Telangana. Ia punya seorang istri dan lima anak yang bekerja sebagai buruh.

Suatu hari pada April 2018, Venkateshwarlu pergi bekerja ke desa lain dengan menumpang mobil truk. Di bak mobil itu ia ketiduran dan si sopir ternyata tak menyadari ada seorang pengompreng. 

Setelah menempuh jarak cukup jauh, "Pengemudi itu baru menyadari ayah saya ada di dalam bak truk dan dia menurunkannya di tengah jalan," kata putranya, R Peddiraju. 

Sendirian di jalan yang belum pernah ia lewati ditambah keterbatasan yang ia alami, Venkateshwarlu tetap berusaha mencari tumpangan agar bisa pulang. Akhirnya ia menemukan truk lain yang mau memberikan tumpangan.

Namun, sayangnya, setelah berjam-jam melakukan perjalanan, ia baru sadar truk itu berjalan ke arah yang berlawanan. Pengemudi itu lalu menurunkannya di Ludhiana, sebuah kota industri di Negara Bagian Punjab Utara.

Venkateshwarlu luntang-lantung di sana. Ia hidup dari sumbangan warga setempat. Masalah komunikasinya semakin parah karena ia tidak mengerti bahasa Punjabi. 

Keluarganya berusaha menemukannya dengan meminta bantuan polisi di Telangana, namun gagal. Lantas bagaimana Venkateshwarlu akhirnya bisa ditemukan?

Sebuah keberuntungan

Bisa dibilang bagaimana akhirnya Venkateshwarlu bisa ditemukan merupakan sebuah keberuntungan. Jadi, sejak India dikuncitara untuk membendung pagebluk COVID-19, polisi Punjab, Ajaib Singh telah berkeliling Ludhiana untuk menyumbangkan makanan dan barang-barang penting untuk buruh migran dan orang miskin.

Singh mendokumentasikan kegiatannya tersebut dalam sebuah video yang diunggah di platform TikTok. Akunnya cukup terkenal dengan lebih dari 800 ribu pengikut berkat video-video amalnya.

Tak dinyana, salah satu video Singh yang diunggah pada Maret tak sengaja merekam sosok Venkateshwarlusaat. Video itu ia rekam saat membagikan makanan kepada orang-orang yang hidup di bawah jembatan di Ludhiana. 

Salah seorang teman Peddiraju yang menonton video tersebut mengenali sosok ayah temannya tersebut. Segera ia memberitahu keluarga Peddiraju dan melapor polisi. Polisi Ludhiana kemudian segera melacak keberadaan Venkateshwarlu dan benar saja, mereka berhasil menemukannya.