Ratusan Rumah Termasuk Masjid di 6 Kecamatan Aceh Barat Terendam Banjir, Ketinggian Mencapai 1 Meter
Satu masjid di Desa Napai, Kecamatan Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat, terendam banjir (Foto: ANTARA/HO)

Bagikan:

ACEH - Ratusan rumah warga yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Barat hingga Selasa, 6 Juli malam ini masih terendam air dengan ketinggian berkisar 30 centimeter hingga semeter.

“Tidak ada masyarakat yang mengungsi, kecuali hanya rumah warga dan sebuah masjid yang terendam air karena letaknya berdekatan dengan lokasi sungai,” kata Pusdalops BPBD Aceh Barat Mashuri di Meulaboh dilansir Antara, Selasa malam.

Banjir juga terpantau merendam masjid di Desa Napai, Kecamatan Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat. Ada pun sebaran lokasi pemukiman warga yang terendam banjir di daerah ini meliputi Desa Blang Luah, Alue Leuhop, Krueng Bhee Kecamatan Woyla Timur.

Kemudian Desa Lhok Malee, Napai, Alue Leuhop, Cot Ie Mameeh, Cot Rambong, Blang Luah, Peuleukung Kecamatan Wola Barat.

Di Kecamatan Meureubo Aceh Barat banjir juga merendam dua desa yakni Desa Pasi Aceh Tunong dan Desa Pasi Masjid.

Sedangkan di Kecamatan Johan Pahlawan banjir merendam Desa Suak Ribee, Kuta Padang, Seuneubok, Ujong Baroh.

Banjir juga merendam satu desa di Desa Tumpok Ladang Kecamatan Kaway XVI, dan Desa Teupin Peuraho, Kecamatan Arongan Lambalek.

Mashuri menambahkan, penyebab terjadinya banjir di sebagian wilayah Kabupaten Aceh Barat terjadi akibat tingginya curah hujan sehingga menyebabkan aliran sungai masing-masing Krueng Meureubo dan Krueng Woyla meluap, dengan ketinggian air mencapai 1,30 meter.

“Hingga Selasa malam, petugas masih melakukan pemantauan di sejumlah lokasi banjir,” kata Mashuri menuturkan.