Pekan Depan Rusun Pasar Rumput Bisa Jadi Tempat Isolasi COVID-19
Ilustrasi-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Persiapan rumah susun (rusun) Pasar Rumput yang bakal dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19 terus dikebut. Ditargetkan, semua akan rampung pada pekan depan.

"Paling lama satu minggu harus sudah beroperasi. Karena urgent," ucap Komandan Lapangan RS Wisma Atlet Letkol TNI Drg. M Arifin dalam keterangannya, Minggu, 4 Juli.

Percepatan persiapan, lanjut Arifin, dikarenakan jumlah kasus positif COVID-19 terus meningkat setiap harinya.

Selain itu, untuk proses saat ini BNPB sudah mulai memasok beberapa peralatan yang dibutuhkan. Berdasarkan data Kedeputian Logistik dan Peralatan BNPB peralatan yang dipasok seperti kasur, bantal dan lain-lainnya.

"Sudah mengirimkan sejumlah peralatan meliputi 375 unit ranjang, 2 ribu bantal, 786 kasur, 130 sprei, 130 sarung bantal dan 150 kasur dari dunia usaha," kata Letkol Arifin.

Menambahkan, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito menyebut untuk peralatan lainnya akan dikirim secara bertahap. Kelengkapan peralatan itu guna memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk isolasi mandiri terpusat.

"Gantungan baju, handuk, gayung, ember, lemari pakaian harus disiapkan juga,"kata Ganip.

Sebagai informasi, kapasitas yang disediakan untuk tempat isolasi di Rusun Pasar Rumput sementara ada sebanyak 698 hunian yang masing-masing akan diisi tiga tempat tidur.

Adapun persiapan tersebut melibatkan beberapa unsur mulai dari BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Pasar Jaya DKI Jakarta dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan.