Sapi dan Kambing Rawan Dicuri Jelang Iduladha, Begini Tips Kapolres Kaur Bengkulu untuk Pencegahan
Ilustrasi- Petugas kepolisian menunjukkan barang bukti sapi ternak yang berhasil diamankan tim patroli dari aksi pencurian (Foto: ANTARA)

Bagikan:

BENGKULU - Kapolres Kaur, Bengkulu, AKBP Dwi Agung Setyono mengingatkan masyarakat agar mewaspadai aksi pencurian hewan ternak yang biasanya meningkat jelang hari raya Iduladha 1442 Hijriah/2021.

"Biasanya menjelang Iduladha, pencurian ternak khususnya sapi dan kambing ini akan meningkat dibandingkan dengan hari biasa. Untuk itu kami minta dan mengimbau kepada warga agar lebih waspada," kata Dwi di Bengkulu, Antara, Senin, 28 Juni.

Kapolres menyampaikan ada beberapa tips yang bisa dilakukan masyarakat agar hewan ternak aman dari aksi pencurian. Pertama, jangan melepaskan hewan ternak terlalu jauh, sehingga sulit dipantau.

Kedua, menambah kunci pengaman pada pintu kandang dan menambah penerangan di area sekitar kandang.

Dwi mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang rawan kriminalitas pencurian hewan ternak jelang perayaan Iduladha.

"Para pelaku pencurian ini kerap menggunakan peluang saat para pemilik ternak lengah. Juga para pelaku tidak berpikir panjang dan langsung melakukan kejahatan dengan cara mencuri hewan tersebut, bahkan mungkin di antaranya ada yang sudah merencanakan," ucapnya.

Untuk mencegah terjadinya aksi pencurian hewan ternak itu, pihaknya akan meningkatkan kegiatan patroli rutin terutama ke daerah pedesaan.

Kendati demikian ia meminta agar masyarakat sejak hari ini mulai menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan dengan melakukan ronda malam agar penjagaan lebih maksimal.

"Kami dari pihak keamanan akan berupaya melakukan patroli ke wilayah pedesaan yang rawan aksi pencurian. Tapi tentunya patroli itu tidak semata kami lakukan sendiri, perlu dukungan semua pihak," demikian Kapolres Kaur.