Gangguan Navigasi, Helikopter BNPB Mendarat Darurat di Lapangan Bola
DOK Humas BNPB

Bagikan:

JAKARTA - Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pendaratan darurat di Lapangan Bola Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyebut, peristiwa ini terjadi pada hari ini pukul 11.45 WIB. Penyebabnya gangguan sistem navigasi.

"Ada pun pendaratan darurat tersebut dilakukan setelah helikopter mengalami kendala pada sistem navigasi atau global positioning system (GPS)," kata Raditya dalam keterangannya, Rabu, 16 Juni.

Namun, Raditya menegaskan kondisi mesin helikopter jenis Robinson berwarna hitam itu dipastikan tidak mengalami kendala maupun kerusakan.

Helikopter dengan nomor registrasi PK-RTJ itu sebelumnya dilaporkan tengah melakukan penerbangan dari Lanud Ahmad Yani di Semarang menuju Surabaya. Helikopter ini dipiloti oleh Ican dan asisten mekanik Imam dan Puryono.

"Helikopter itu tengah diperbaiki kendalanya hingga waktu yang belum dapat dipastikan," tutur Raditya.

Selama proses perbaikan helikopter oleh teknisi, Polsek Panunggalan telah berjaga dan membantu mensterilkan area pendaratan helikopter dari kerumunan warga selama perbaikan.

Hingga keterangan ini diturunkan, Raditya menyebut tidak ada laporan mengenai korban jiwa atas peristiwa tersebut.