Muncul Klaster Baru di Solo, 38 Santri di Ponpes Laweyan Terpapar COVID-19
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyebut saat ini muncul klaster baru penyebaran COVID-19 di daerahnya. Klaster COVID-19 terjadi di salah satu pondok pesantren yang berada di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan.

Gibran mengatakan ada sebanyak 38 santri di pondok pesantren tersebut yang positif terpapar COVID-19.

Saat ini seluruh santri itu telah dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk menjalani karantina terpusat. Untuk memastikan penyebarannya sudah sejauh mana, saat ini pihaknya masih melakukan penelusuran.

"Kami tracing, testing dulu lebih lanjut. Pokoknya ada klaster baru, langsung kami kunci. Ponpes sementara di-lockdown, semoga tidak menyebar lebih luas," katanya dikutip Antara, Selasa, 8 Juni. 

Dugaan sementara, klaster tersebut berasal dari salah satu santri yang sebelumnya melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2021.

Akibat munculnya klaster baru tersebut pihaknya akan mengkaji ulang rencana pembelajaran tatap muka (PTM) yang awalnya akan dilakukan mulai Juli 2021. Namun Gibran berharap agar PTM bisa tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Surakarta Ahyani mengatakan saat ini seluruh santri berstatus orang tanpa gejala (OTG), sehingga menjalani isolasi. Mengenai asal virus tersebut, ia akan memastikannya terlebih dahulu.

"Sepertinya memang dari santri yang habis melakukan perjalanan mudik," ujar dia.

Ahyani mengatakan untuk penelusuran kontak sendiri, saat ini sudah dilakukan kepada 68 orang. Ia juga memastikan tidak ada penghuni pondok yang berinteraksi dengan orang luar.

"Dengan demikian tracing bisa lebih terkontrol," katanya.