Jokowi Berpakaian Adat Tanah Bumbu Kalsel, Bobby Nasution Berbusana Adat Batak Toba di Peringatan Hari Pancasila
Dengan mengenakan pakaian adat Batak Toba, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengikuti upacara peringatan Hari Pancasila (instagram bobbynst)

Bagikan:

MEDAN - Dengan mengenakan pakaian adat Batak Toba, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengikuti upacara peringatan Hari Pancasila. Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara.

Dengan kekhidmatan Wali Kota Bobby Nasution mengikuti seluruh rangkaian upacara yang digelar secara virtual ini dari Ruang Command Center kantor Wali Kota Medan. Dikutip dari keterangan Dinas Kominfo Medan, upacara juga diikut Sekda Wiriya Alrahman dan beberapa pimpinan OPD Pemko Medan yang juga mengenakan pakaian adat etnis yang ada di Sumatera Utara.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo yang mengenakan baju adat dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berharap peringatan Hari Kelahiran Pancasila kali ini dimanfaatkan seluruh pihak untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Menurutnya, tantangan yang dihadapi Pancasila lebih berat, yaitu meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk antar pandangan.

"Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi," kata Presiden Jokowi.

Presiden juga mengatakan, saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi landscap kontestasi ideologi. Tidak hanya itu, revolusi industri pun hingga kini semakin meningkat. Konektivitas 5G pun kini membuat interaksi antar dunia juga semakin mudah dan cepat, hal tersebut juga bisa digunakan para pemilik ideologi transnasional radikal masuk ke penjuru negeri.

"Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke semua pelosok Indonesia ke seluruh kalangan dan ke seluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu. Kecepatan ekspansi ideologi radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini," ujarnya. 

Wali Kota Medan Bobby Nasution berbusana adat Batak Toba mengikuti upacara peringatan Hari Pancasila (instagram bobbynst)

 

Karena itu, Jokowi meminta agar seluruh pihak untuk melakukan perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila. Saat ini perlu cara-cara baru yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0.

"Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0 dan sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan," jelasnya. Jokowi pun berharap seluruh pihak bersatu dan aktif dalam memperkokoh nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut kata dia untuk mewujudkan Indonesia yang maju.

"Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia yang maju yang kita cita-citakan," ungkapnya.