Antisipasi Banjir Rob Saat Gerhana Bulan, Pemprov DKI Siapkan Pompa di Jakarta Utara
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan beberapa pompa dan tanggul air untuk mengantisipasi banjir rob di wilayah Jakarta Utara. Banjir ini terjadi akibat gerhana bulan total.

"Memang sudah menjadi rutin ya ketika bulan purnama terjadi air pasang di wilayah utara. Beberapa tempat terjadi peningkatan untuk itu sudah disiapkan tanggul-tanggul dan pompa-pompa untuk mengurangi dan menghilangkan banjir rob," ucap Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria kepada wartawan, Rabu, 26 Mei.

Selain itu, lanjut Riza, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Bahkan, para relawan juga ikut serta untuk melakukan langkah-langkah pencegahan banjir rob.

"Kita bekerja sama dengan BPBD semua, BNPB pusat, dan termasuk para relawan untuk bersama-sama melakukan pencegahan antisipasi penanggulangan banjir rob di wilayah utara," kata dia.

Sebagai informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga pesisir untuk mewaspadai potensi banjir ROB atau banjir pesisir yang terjadi mulai 26-31 Mei 2021.

Fenomena Super Blood Moon menjadi faktor berpengaruh terhadap kondisi pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (rob) di sejumlah wilayah pesisir Indonesia.

Adapun beberapa titik yang diprediksi terjadi gelombang tinggi antara lain, Laut Jawa, Laut Flores, Laut Banda, Laut Arafuru, Perairan barat Sumatera, Perairan Selatan Jawa hingga NTT.