Gubernur Gorontalo Belajar ke Anies Baswedan Tata Kelola e-Order, Netizen: Aneh, Kok Bukan ke Istana?
Anies Baswedan dan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie (Foto: Tangkap Layar Intagram @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima kunjungan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dan Sekda Darda Daraba di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 21 Mei lalu. 

Dalam unggahan Instagram-nya,@aniesbaswedan, Anies menyebut Gubernur Rusli bermaksud belajar aplikasi pengadaan barang dan jasa atau e-Order. 

Aplikasi ini dikembangkan dan dikelola oleh Pemprov DKI atas rekomendasi dari KPK dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI.

"Dengan senang hati kami berbagi pengalaman praktik aplikasi e-Order. e-Order adalah sistem Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) untuk belanja UMKM sampai dengan 50 juta. Market place yang diluncurkan sejak Januari 2020 ini telah membuka ruang bagi UMKM untuk ikut menikmati PBJ di Indonesia," tulis Anies dikutip VOI, Rabu, 26 Mei. 

Anies menjelaskan, e-Order ini mendorong kolaborasi warga dalam pengawasan pengadaan barang dan jasa. Warga bisa menjadi mitra pemerintah. Tentu apa yang dikerjakan semakin akuntabel dan transparan. 

"Alhamdulillah, tahun lalu Pemprov DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesia Government Procurement Award 2020 atas kategori Inovasi Pengadaan yang Mendukung Transparansi Belanja Pengadaan dari LKPP RI," terang Anies. 

Selain belajar pengelolaan pengadaan belanja Pak Rusli dan jajarannya juga bertukar gagasan tentang pengelolaan Jakarta Smart City dan metode pengadaan design and build untuk pembangunan rumah sakit Ainun Habibie.

"DKI Jakarta akan terus menjadi rujukan dan terbuka untuk berbagi pengalaman sistem teknologi terkini, membangun sistem aplikasi kota cerdas (smart city), memberikan pelayanan yang efektif, cepat dan mudah bagi warga," demikian Anies. 

Unggahan pertemuan Anies ini banyak mendapat respon positif dari netizen. Netizen senang karena Anies ingin bertukar pikir dengan kepala daerah lain soal kemajuan Jakarta. 

Banyak juga menyebutkan Anies sebagai gubernur rasa presiden. Misalnya akun @priyo**** "Berasa presiden nerima banyak kunjungan gubernur, mantap pak presiden 2024."

"kaya gini kan bagus sesama daerah bisa sharing knowledge," @glutukc****

"Adem. Tanpa mencaci kubu lain. Tanpa menjatuhkan kubu lain. Tanpa menghina kubu lain. Fokus dengan tugas yg sudah di emban. Semoga Allah selalu melindungi dan memberikan kemudahan pak," @cryp****

"Aneh kok bnyk gubernur berkunjung ke pak anies ya, bkn ke istana bertukar fikiran gitu ama presiden," @hardines****