Profil Geisz Chalifah, Loyalis Anies yang Pilih Mundur dari Komisaris Ancol
Geisz Chalifah (Kiri) (DOK ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Geisz Chalifah mendapat sorotan setelah ia memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol (Tbk). Sosok Geisz Chalifah selama ini lekat dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Lalu, siapa dia sebenarnya?

Profil Geisz Chalifah

Geisz Chalifah adalah loyalis Anies Baswedan yang dibesarkan di Kawasan Senen, Jakarta Pusat. Ia menghabiskan masa kecilnya di Jakarta. Bahkan pendidikan masa kecilnya ditempuh di kota tersebut.

Dikutip dari bloomberg, Geisz Chalifah tercatat sebagai lulusan Universitas Jayabaya, Jakarta. Beberapa sumber lain juga mengatakan hal yang sama. Ia menempuh pendidikannya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan lulus tahun 1987.

Masa muda Geisz Chalifah ternyata cukup aktif di kegiatan organisasi seperti Lembaga Seni dan Budaya MN KAHMI (2018 - 2021) dan tergabung dalam PB Pemuda Al Irsyad (2001 – 2010).

Kedekatan Geisz Chalifah dengan Anies Baswedan ternyata terjalin sejak lama. Setidaknya keduanya saling bertemu saat Anies mengikuti Konvensi Partai Demokrat pada tahun 2013. Geisz Chalifah juga sering pasang badan untuk Anies Baswedan, khususnya saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Lewat akun media sosial Twitternya, @GeiszChalifah kerap membagikan prestasi Anies Baswedan serta aktif debat dan diskusi dengan netizen.

Ia kerap tampil dalam debat politik yang membahas isu terkait Anies atau programnya. Misalnya, saat isu Formula E yang menuai pro dan kontra dari masyarakat. Geisz Chalifah mengatakan memberikan dukungan penuh untuk Formula E yang digagas oleh Anies Baswedan. Ia juga mengklaim Formula E sangat untungkan Ancol.

Karier Geisz Chalifah di Ancol

Mengutip situs resmi Ancol, Geisz Chalifah tercatat menjabat sebagai Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk sejak tahun 2018.

Dikutip dari VOI, Geisz memberikan dukungannya kepada Anies sejak Pilkada DKI tahun 2017 lalu. Setelah Anies menjabat sebagai Gubernur DKI, Geisz kemudian diangkat menjadi Komisaris Ancol.

Geisz Chalifah juga disebut memiliki bisnis di bidang penerbitan yakni Khatulistiwa Press. Merujuk situs korporat.ancol.com, berikut kiprah Geisz Chalifah.

  • Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Mei 2018 – 2023)
  • Owner Khatulistiwa Press (2008 – sekarang)
  • Yayasan Rahmatan Lil Alamin (SDIT Insan Mandiri) (2006 – sekarang)
  • PT FIM Jasa Ekatama (2001 – 2009)

Geisz Chalifah Mundur dari Komisaris Ancol

Seperti diketahui, Geisz Chalifah telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol (Tbk) dari tanggal 2 Januari. Namun belum ada balasan atas pengunduran dirinya tersebut.

Alasan Geisz Chalifah mundur dari komisaris Ancol adalah ia merasa bahwa dirinya akan segera dicopot oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Kalau nanti (petinggi Ancol) yang diganti cuma saya sendiri, ada kemungkinan tak baik secara publik. Nah, agar ringan langkahnya Pak Pj (Heru), saya mengundurkan diri lebih dulu dan enggak perlu mengganti yang lain juga," kata Geisz.

Geisz mengungkapkan bahwa setelah ia tak lagi menjabat sebagai Komisaris Ancol, ia berencana membantu Anies yang maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 dan menjalankan bisnisnya.

Itulah informasi terkait profil Geisz Chalifah. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.