Ganip Warsito Resmi Dilantik Presiden Jokowi Jadi Kepala BNPB, Doni Monardo Pensiun
Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB (Foto: Tangkap Layar/Diah Ayu)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Doni Monardo yang pensiun.

Pelantikan ini digelar di Istana Negara pada Selasa, 25 Mei sekitar pukul 10.25 WIB. Acara ini tetap mengikuti protokol kesehatan ketat dan dihadiri undangan terbatas.

Pelantikan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan pembacaan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Ganip menjadi Kepala BNPB. 

Selanjutnya, Ganip membacakan sumpahnya dalam mengemban jabatan Kepala BNPB di hadapan Presiden Jokowi dengan didampingi rohaniawan.

"Demi allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjelankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kenadap bangsa dan negara," ucap Ganip seperti yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 25 Mei.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," tambah dia.

Diketahui, Ganip lahir di Magelang, 23 November 1963. Ia merupakan lulusan akademi militer pada tahun 1986 dan jabatan terakhirnya adalah Kepala Staf Umum TNI (Kasum TNI) sejak 1 Februari 2021.