Capres 2024 Wewenang Megawati, PDIP Rapatkan Barisan karena Ada yang Mulai “Berdansa” Politik
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan partainya masih fokus membantu Presiden Jokowi terutama terkait penanganan pandemi COVID-19. Soal urusan capres-cawapres 2024 ditegaskan Hasto belum jadi pembahasan. 

“PDI Perjuangan menegaskan bahwa konsentrasi utama partai saat ini adalah membantu Presiden Jokowi di dalam bergotong royong mengatasi pandemi COVID-19 dengan berbagai variannya, bukan pada masalah capres-cawapres 2024,” ujar Hasto dalam keterangan tertulis, Senin, 24 Mei.

Menurut Hasto banyak pihak yang menganggap remeh pandemi. Padahal dampak pandemi terhadap perekonomian sangat nyata. 

“Perhatian seluruh pihak untuk mengatasi dampak perekonomian ini sangat penting dan menjadi prioritas utama,” sambungnya. 

Terkait 2024, Hasto menegaskan Kongres V PDIP memberikan kewenangan kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menetapkan capres-cawapres. Kareenanya partai disebut Hasto saat ini bertugas untuk konsolidasi. 

“Konsolidasi partai juga menyangkut aspek ideologi, politik, program, kader, dan konsolidasi sumber daya. Konsolidasi ideologi agar bangsa Indonesia semakin kokoh dengan Pancasila dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa, sehingga Presiden RI yang akan datang tidak akan dibebani oleh persoalan tersebut,” ujar Hasto. 

“Terus rapatkan barisan mengingat banyak pihak yang sudah melakukan dansa politik untuk 2024 dan jangan beri peluang siapa pun dari luar partai untuk memecah belah kekuatan partai kita,” sambungnya.

Saat ini PDIP ditegaskan Hasto harus bergerak bersama masyarakat.  Sehingga nantinya bila diambil keputusan terkait Pilpres 2024, PDIP solid. 

“Terus bergerak ke bawah bersama rakyat, sehingga ketika tiba momentum politik bagi Ibu Megawati untuk mengambil keputusan, seluruh kader partai telah mengakar dalam semangat kolektivitas untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” kata Hasto.