Dihinggapi Beragam Sentimen Positif, Rupiah Kamis Dibuka Menguat ke Rp15.163 per Dolar AS
Ilustrasi. (Foto: Bank Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot dibuka menguat pada perdagangan Kamis 30 April. Rupiah dibuka menguat 132 poin ke level Rp15.162 per dolar Amerika Serikat (AS).

Pantauan VOI, pada pukul 09:27, rupiah terus bergerak menguat, dan menyentuh level Rp15.117 per dolar AS, atau menguat 1,17 persen.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, ada beragam sentimen cukup positif pagi ini di pasar keuangan global. Sentimen positif dipicu oleh laporan kemajuan pengujian obat dari Gilead Sciences.

"Kemudian ada sentimen positif juga dari the Fed yang masih mendukung suku bunga acuan dekat nol," kata Ariston kepada VOI.

Sentimen positif lainnya, kata Ariston datang dari harga minyak mentah yang menguat, laporan earnings perusahaan teknologi besar AS yang bagus seperti Facebook dan Microsoft.

"Ada juga sentimen positif dari pelonggaran lockdown di beberapa negara pandemi, dan data indeks aktivitas manufaktur China yang bertumbuh di bulan April," jelasnya.

Beragam sentimen positif tersebut memberikan indikasi awal ke pasar bahwa ekonomi global mulai pulih. Tapi pasar tetap waspada dengan perkembangan wabah COVID-19 dan dampak negatif ke perekonomian.

"Rupiah berpotensi menguat hari ini dengan potensi kisaran di Rp15.150-15.450 per dolar AS," jelasnya.