Ambulans Berisi Warga yang Ingin Jalan-jalan Terjaring Penyekatan
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Petugas kepolisian menjaring satu unit mobil ambulans di Tol Cikarang Barat. Setelah disetop, ternyata ambulans ini bukan berisi orang sakit atau jenazah.

"Tadi pagi itu kami temukan mobil ambulans yang tidak sesuai peruntukkannya. itu tadi melintas di Tol Cikarang Barat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat, 14 Mei.

Berdasarkan pemeriksaan, ambulans ini diketahui dipakai sejumlah warga bukan dalam tujuan darurat. Mereka memakai ambulans hanya ingin jalan-jalan saat hari kedua libur lebaran.

"Katanya sementara ini buat jalan-jalan saja," tutur Yusri.

Ambulans ini disetop di pos penyekatan kilometer 31 Tol Cikarang Barat. Pengemudi ambulans diberikan sanksi teguran dan peringatan.

Modus bepergian menggunakan ambulans juga terjaring saat penyekatan. Ada yang coba mengelabui petugas dengan menggunakan ambulans. Yusri menyebut, modus ini berhasil digagalkan petugas di kawasan Cikarang.

"Modus operandi banyak yang digunakan termasuk tadi ada di cikarang 1. Ada satu buah ambulans yang coba menggelabuhi. Ini salah satu modus operandi," kata Yusri.

Terungkapnya modus naik ambulans  bermula dari kecurigaan petugas. Sebab ambulans yang masuk dalam daftar pengecualian aturan larangan mudik dilihat polisi tidak seperti bisanya. Penumpang dalam ambulans itu jumlahnya cukup banyak. Bahkan, beberapa di antara penumpang merupakan anak-anak.