Raja Arab Saudi dan Sekretaris Kardinal Vatikan Resmikan Gereja Katolik Pertama, Cek Faktanya!
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial kembali dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto yang menerangkan Raja Arab Saudi bersama Sekretaris Kardinal Vatikan tengah gunting pita meresmikan gerja Katolik perdana di Arab Saudi.

Foto dibagiakn oleh akun Facebook Wawan Ahiemza pada 4 Mei 2020 lalu dengan keterangan 'Sekertaris kardinal vatikan dan raja arab saudi, meresmikan gereja katolik pertama kali di arab saudi.' 

Dilansir dari turnbackhoaks, dalam foto bukanlah Raja Arab Saudi melainkan seorang menteri Uni Emirat Arab (UEA) dan utusan Vatikan. Keduanya menghadiri acara pembukaan gereja Katolik kedua di Abu Dhabi pada 2015 lalu.

Situs berita AFP juga memberikan keterangan yang sama dari pencarian gambar terbalik di Yandex. Foto diambil AFP pada 11 Juni 2015. 

"Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, keterangan foto itu berbunyi: “(Dari kiri ke kanan) Menteri Luar Negeri Vatikan Kardinal Pietro Parolin; Menteri Pemuda, Kebudayaan dan Pengembangan Masyarakat UEA Sheikh Nahayan bin Mubarak Al-Nahayan; dan Nunsius Apostolik dan utusan untuk Jazirah Arab Uskup Agung Petar Rajic ambil bagian dalam upacara pembukaan gereja Katolik kedua yang didedikasikan untuk St Paul di distrik industri Abu Dhabi, Musaffah, pada tanggal 11 Juni 2015.”

Gereja St Paul terletak di Musaffah, di ibu kota UEA, Abu Dhabi. Peresmian gereja tersebut juga dilaporkan oleh media UEA seperti Khaleej Times dan The National.

"Ini masuk kategori konten yang salah," demikian laporan turnbackhoaks.