Dihantam Banjir, 3 Ruas Jalan di Merangin Jambi Putus
Bupati Merangin H Al Haris ketika melakukan peninjauan ke lokasi jalan yang amblas. (Foto: ANTARA/HO/Diskominfo Merangin)

Bagikan:

JAKMBI - Tiga ruas jalan di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi amblas tergerus air. Salah satu titik jalan bahkan rusak total dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Bupati Merangin H Al Haris bersama Kadis PUPR Merangin Aspan dan Pj Kepala BPBD Kabupaten Merangin H Syafri langsung meninjau dan menyiapkan langkah-langkah normalisasi jalur.

Dilansir dari Antara, Kamis, 6 Mei, salah satu jalan amblas berada di Desa Sungai Kapas ke Desa Bukit Beringin Kecamatan Bangko. Jalan di sana terputus akibat gorong-gorongnya ambrol tergerus banjir. Untungnya, sebagian badan jalan masih bisa dilalui.

"Gorong-gorong jalan ini dibangun pada tahun 1980-an, jadi memang sudah cukup lama. Kami akan segera perbaiki jalan ini, sehingga jalan yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat ini bisa cepat kembali normal," kata Bupati. 

Hal yang sama juga terlihat ketika bupati memantau kondisi jalan Desa Pinang Merah menuju Desa Rasau, Kecamatan Pamenang Barat. Namun sebagian badan jalannya sudah ditimbun tanah, sehingga masih bisa dilalui kendaraan.

Sedangkan kondisi terparah, terjadi di Jalan Desa Meranti menuju Desa Pinang Merah Kecamatan Renah Pemenang. Jalan putus total. Kendaraan tidak bisa melintas lagi. 

"Selain badan jalannya tergerus banjir, gorong-gorong jalan itu juga banyak yang pecah karena dimakan usia. Kita akan segera mungkin mengganti gorong-gorong yang pecah itu dengan yang baru," tegas Bupati.

Mengingat semua kerusakan jalan diakibatkan bencana banjir, bupati akan menggunakan dana tak terduga untuk memperbaiki jalan tersebut.

Bupati menyebutkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas jalan di kawasan tersebut untuk mendukung mobilitas warga khususnya meningkatkan perekonomian daerah.

Kendati dalam kondisi pandemi, kata Al Haris, Pemkab Merangin mengalokasikan perbaikan infrastruktur jalan raya dan jembatan.

Selain jalan raya, pihaknya juga melakukan perbaikan sejumlah fasilitas jembatan penyeberangan di beberapa titik di kabupaten Merangin yang memiliki kontur dilintasi sejumlah sungai yang memiliki lebar yang cukup signifikan.