Gubernur Koster Umumkan 2 Orang di Bali Terpapar Varian Baru Mutasi COVID-19 dari Afsel dan Inggris
Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan temuan varian baru mutasi COVID-19 di Bali (IST)

Bagikan:

DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan temuan varian baru mutasi COVID-19 di Bali. Koster meminta masyarakat Bali tetap menjalankan protokol kesehatan. 

"Bersama ini, saya perlu menyampaikan informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat Bali berkenaan dengan perkembangan COVID-19 di Bali," kata Koster di Denpasar, Bali, Selasa, 4 Mei.

Koster sudah menerima informasi langsung dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Senin, 3 Mei. Ada dua orang positif COVID-19 dari varian baru. 

Satu orang mengalami positif akibat penularan varian baru dari Afrika Selatan dengan kode B.1.351. Sedangkan satu orang positif akibat penularan varian baru dari Inggris dengan kode B.1.1.7.

Hal itu diketahui setelah beberapa sampel dari orang positif COVID-19 di Rumah Sakit Sanglah, Denpasar, dilakukan pengujian oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes. 

"Satu orang yang positif COVID-19 dengan varian baru dari Afrika Selatan, telah dinyatakan meninggal di RS Sanglah, berasal dari Kabupaten Badung. Korban memang belum mengikuti program vaksinasi," ujarnya.

"Sedangkan yang satu orang lagi yang dinyatakan positif COVID-19 dengan varian baru dari Inggris dinyatakan sembuh, dalam kondisi sehat dan sudah dipulangkan, berasal dari Kota Denpasar. Yang bersangkutan, kebetulan telah mengikuti program vaksinasi sebanyak dua kali," ujarnya.