Gempa Klungkung Bali, Getaran Terasa di Karangasem
ILUSTRASI/BMKG

Bagikan:

KARANGASEM - Gempa bumi terjadi di wilayah Klungkung Bali. Getaran gempa dilaporkan dirasakan warga di Karangasem.

"Hingga pukul 18.24 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," kata Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Rahardjo, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 29 April. 

Gempa Karangasem Bali berkekuatan magnitudo 2,9. Lokasi gempa berada di koordinat 8,61 LS dan 115,60 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km Tenggara Klungkung, Bali, pada kedalaman 25 km.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar atau strike slip fault.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Abang. Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda tergantung bergoyang," imbuhnya.

Sementara, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," ujar Agus.