Jokowi Heran Vaksin Nusantara Jadi Polemik: Masa Politikus, <i>Lawyer</i> <i>Ngurusin</i> Vaksin, Apa Urusannya?
Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi untuk seniman (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo buka suara ihwal polemik vaksin nusantara. Menurut Jokowi, ia mendukung segala bentuk penelitian untuk penanganan pandemi COVID-19.

Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah akan selalu mendukung siapapun yang melakukan riset, pengembangan dan penelitian dalam upaya memutus mata rantai COVID-19.

“Saya mendukung riset. Ini kan penelitian, siapapun silakan untuk membuat vaksin sendiri” jelas Presiden Joko Widodo di Jakarta, Selasa, 20 April dilansir Antara

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo mengatakan seharusnya penelitian tentang COVID-19 ini berada di ranah ilmiah, bukan jadi perdebatan politik.

“Kok ramai sih? Mestinya perdebatannya itu perdebatan ilmiah, ini masak politikus ngurusin vaksin, lawyer ngurusin vaksin, apa urusannya?" tegas Presiden Jokowi. 

Saat ini, lanjut Presiden, salah satu vaksin COVID-19 yang sedang diteliti dan dikembangkan di Indonesia adalah vaksin Merah Putih.

“Progres yang saat ini kelihatan adalah salah satunya Vaksin Merah Putih, meskipun mungkin baru tahun 2022 selesai dan dapat digunakan,” kata Presiden.

Presiden Joko Widodo berharap kepada setiap elemen bangsa untuk bersatu dalam upaya mengakhiri pandemi COVID-19.