Ingatkan Esensi Pembangunan, Jokowi: Jangan Sampai Masyarakat Terasing di Kampungnya
Presiden Joko Widodo (Foto: Twitter @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan, perencanaan pembangunan bukan hanya merancang pembangunan gedung melainkan juga membangun tempat hidup bagi masyarakat.

Sehingga, kondisi penduduk di sekitar harus diperhatikan agar mereka tak terasing di kampungnya sendiri. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka acara Hari Ulang Tahun Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu, 17 April.

"Perencanaan itu bukan sekadar build building. Bukan sekadar merancang pembangunan gedung. Perencanaan adalah build environment, perencanaan adalah membangun tempat hidup yang bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat, interaksi sosial, akar budaya, efisiensi ekonomi dan kenyamanan hidup yang sangat mempengruhi kebahagian dan kreatifitas warganya,"

"Jangan sampai perencanaan justru membuat masyarakat terasing di kampungnya sendiri," imbuh dia.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan jangan sampai perencanaan pembangunan kemudian memicu kemacetan lalu lintas sehingga membuat biaya hidup makin mahal dan tak sehat.

Tak hanya itu, dia juga meminta perencanaan pembangunan juga tak hanya melihat perkembangan teknologi tanpa melihat kebutuhan dasar masyarakat.

Jokowi menyebut di tengah berubahnya dunia dan meningkatnya urbanisasi, tentu membuat perencanaan pembangunan makin kompleks.

Sehingga, dirinya meminta berbagai perkembangan pengetahuan dan teknologi harus diikuti. "Pada saat yang sama, kondisi sosial, budaya, ekonomi masyarakat juga harus diperhitungkan agar bisa menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik," tutup Jokowi.